MEDUSA4 Personal – Free 2D/3D CAD for Linux

MEDUSA4 Personal – Free 2D/3D CAD for Linux

MEDUSA4 Personal – Free 2D/3D CAD for Linux

Karena kebetulan perusahaan yang sedang saya tangani saat ini bergerak dalam bidang kontraktor sipil, maka kebutuhan akan aplikasi CAD sudah tidak terelakkan lagi.
Memang sangat sulit untuk menemukan aplikasi alternatif untuk AutoCAD di Windows yang bisa memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut terlebih lagi jika seluruh sistem di perusahaan dimigrasikan secara total ke Linux.

Salah satu aplikasi CAD yang terkenal di Linux aalah QCAD. Kekurangan yang langsung dirasakan dari aplikasi tersebut adalah fitur yang minim dan tidak adanya dukungan 3D dalam aplikasi tersebut.
Aplikasi lain yang menurut saya wajib dipertimbangkan adalah MEDUSA4 Personal. Walaupun aplikasi ini bukan merupakan aplikasi Open Source, tetapi aplikasi ini Free untuk Personal.
Satu hal yang yang menjadi kesan pertama saya ketika menjalankan aplikasi ini adalah “luar biasa”. Walaupun sebenarnya saya tidak mengerti sama sekali apa yang harus saya lakukan dengan aplikasi CAD tersebut :p
Namun jika dibandingkan dengan QCAD, aplikasi ini terlihat memiliki fitur yang lebih lengkap dan dukungan untuk membaca file format DWG secara langsung. Dan sebagaimana kita tahu, QCAD hanya bisa membaca format DXF.
Namun sayangnya di perusahaan tersebut sangat minim sekali minat tim engineering terhadap aplikasi MEDUSA4 Personal ini. Padahal, besar sekali harapan saya agar mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut karena aplikasi ini juga tersedia untuk platform Windows.
Jika saya mengerti prinsip dasar aplikasi CAD, saya akan mencoba aplikasi ini sendiri (seperti halnya ketika saya belajar menggunakan InkScape). Namun sayangnya dari dulu saya belum pernah bersinggungan dengan bidang kerja yang membutuhkan kemampuan saya menggunakan aplikasi semacam ini.
Ada yang berminat untuk mencoba? Peluang yang bisa diraih kemungkinan adalah membuka usaha training (atau les privat) penggunaan aplikasi CAD untuk personal dengan legal :D. Karena permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kebanyakan lulusan teknik sipil menggunakan aplikasi CAD ilegal dalam PC-nya :p.
Saya tidak menyinggung aplikasi yang mereka gunakan di tempat mereka bekerja karena tentunya untuk level perusahaan, sudah pasti harus membeli lisensi aplikasi semacam ini.

2 thoughts on “MEDUSA4 Personal – Free 2D/3D CAD for Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>